Pameran di Galeri Raos dan Karya Perdana Seniman Indonesia

galeri raos

Pada postingan ini saya akan bercerita mengenai salah satu Galeri yang cukup terkenal di kota Batu, bernama Galeri Raos dimana tempat tersebut kerap menjadi tujuan untuk menampilkan hasil karya seni mereka yang rata-rata berupa lukisan.

Galeri ini terletak di kawasan jalan Panglima Sudirman yang berada di kecamatan Batu Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Dari beberapa orang yang sempat ditemui mengatakan bahwa mereka datang dari beberapa wilayah di sekitar kota Batu, seperti Kecamatan Turen dll yang memilih Galeri Raos sebagai tempat untuk pameran perdana hasil karyanya selama ini.

Memang cukup membanggakan bagi mereka mengingat hasil karya seni lukisan yang dibuat bisa dipajang lewat galeri lukisan dan mendapat wadah untuk bisa menyalurkan bakat senimannya secara profesional.

Sebagian daripada mereka mengatakan sebelumnya sudah cukup sering melakukan pameran di kota Surabaya dalam event pameran bersama, namun untuk pameran tunggal di kota Batu Malang ini sangat terbantu dengan adanya kegiatan pameran lukisan di galeri Raos.

Dari apa yang saya amati hasil lukisan yang dipaamerkan melalui kegiatan ini rata-rata memiliki aliran realis yang mana kurang lebihnya ada deretan judul maupun tema yang cukup menarik untuk dilihat seperti, “Perjalananku”, “Desa di pesisir pantai”. “Pencairan”, “Tarian bulan coklat”, “Di bawah cahaya bulan merah”, “Tarian bulan merah”, “Pemandangan”, “Mencari tujuan akhir” dan sebagainya.

Hasil karya dari para seniman nusantara itu pun memiliki bahan pembuatan dengan keragaman jenis seperti oil onvas dan oil pastel dengan variai ukuran yang berbeda mulai dari yang terbesar 190×177,5 cm, yang berukuran sedang 100,5×70 cm hingga yang terkecil dengan ukuran 29,6×20,5 cm.

Dari salah satu lukisan yang dibuat oleh seniman lokal rerata membuat lukisan dengan tema tentang laut, sebab beliau sendiri mengakui waktuya selama ini lebih banyak bersinggungan dengan laut sehingga inspirasi yang lahir untuk membuat karya seninya tidak jauh dari kehidupan di laut.

lukisan di galeri raos

Kedit: malang voice

Melalui pameran yang memiliki tema utama Pencarian Diri ini, membuat banyak pelukis yang melakukan eksplorasi dalam diri sendiri sekaligus agar menemukan jati diri terutama untuk memenuhi filosofi penting seiring dengan tema yang bergulir dalam pameran ini.

Ada salah seorang seniman bernama pak Is yang berujar melalui pameran ini nantinya bisa membantu menemukan hal yang paling hakiki mengapa diri kita berada di muka bumi saat ini, sehingga dengan begitu bisa mencurahkan segenap perasaan melalui lukisan.

Nah, banyak juga para seniman yang tergabung dalam pameran ini mengatakan alasan memilih Galeri Raos di Kota Batu adalah karena menjadi salah satu kota destinasi wisata yang sangat ramai terlebih ketika masuk musim liburan. Selain itu dengan letaknya yang sangat strategis dan memiliki kehidupan masyarakat yang nyaman menjadikan banyak seniman tersebut merasa sangat nyaman memilih kota Batu dalam memamerkan hasil karya seni mereka.

Btw selaras dengan yang mereka rasakan, sayapun memiliki alasan serupa selain dari mengunjungi pameran di Galeri Raos ini. Tentu saja untuk melewatkan waktu berlibur dan bersantai disini sekaligus untuk mengeksplorasi beberapa destinasi wisata yang semakin menjamur di kota Batu.

Tidak ketinggalan juga untuk hunting kuliner yang memang tidak lengkap rasanya jika harus dilewatkan ketika melakukan perjalanan wisata kali ini.

Mungkin akan saya review lagi khusus untuk destinasi wisata yang berada di kota Batu, namun untuk postingan kali ini kebetulan saya sudah lelah setelah mengikuti serangkaian acara di galeri dan bersiap untuk istirahat untuk melanjutkan kegiatan selanjtunya, besok.